Modal Gede Clash of Champions, Ruangguru Mainkan Emosi dalam Strategi Pemasaran

Brikolase.com – Ruangguru, platform bimbingan belajar online di Indonesia, meluncurkan program bertajuk “Clash of Champions” sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Langkah ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens dan memperkuat posisinya di pasar pendidikan online.

Sejak pandemi Covid-19, Ruangguru mengalami lonjakan pengguna yang signifikan berkat meningkatnya permintaan untuk bimbingan belajar (bimbel) dan kursus online.

“Yang kedua ada yang bikin Ruangguru naik, (program) Prakerja. Sekarang Prakerja itu sudah enggak bisa pakai video-video, harus Zoom. Mungkin itu juga impact ke revenue-nya dia (Ruangguru),” kata Andri Firmansyah, pengusaha asal Surabaya dalam perbincangan di kanal YouTube CEO Bisnis Online.

Akhirnya karena perubahan pengaturan Prakerja, Ruangguru menghadapi tantangan untuk mempertahankan pertumbuhannya. Untuk menghadapi tantangan ini, Ruangguru meluncurkan “Clash of Champions”, sebuah acara yang cukup mengaduk-aduk emosi penonton.

Baca juga: Hilmar Farid: Kita Jangan Niru Korea, Global Pop Jangan Dilawan

“Clash of Champions” dirancang dengan format yang mirip dengan kompetisi serupa di Korea Selatan. Ia menggabungkan elemen hiburan, pendidikan dengan promosi platform. Modal untuk program ini cukup besar yang dibuat bak program produksi TV. Dengan Clash of Champions, orang mulai lebih banyak yang mengenal brand Ruangguru.

“Program ini berhasil meningkatkan jumlah impresi hingga enam kali lipat. Ini menunjukkan bahwa banyak orang mencoba platform Ruangguru karena mereka melihat idola mereka berpartisipasi dalam acara ini. Banyak fitur-fitur Ruangguru yang diintegrasikan dalam program, seperti iklan dan penjelasan mengenai fitur platform,” kata Anthony Soehartono, konsultan bisnis dan pendiri BrandPartner Indonesia.

Meskipun data transaksi secara spesifik sulit diperoleh, penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat terhadap Ruangguru. Anthony mencatat bahwa program ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan brand tetapi juga menciptakan keterhubungan emosional yang lebih kuat.

“Clash of Champions berhasil menambahkan nilai emosional dan drama. Ini lebih dari sekadar promosi produk. Ini menciptakan keterhubungan emosional dengan audiens,” ungkapnya.

Clash of Champions mampu menarik audiens dengan ditonton 3 hingga 9 juta lebih setiap edisi video yang diunggah di YouTube Ruangguru.

Program “Clash of Champions” merupakan contoh bagaimana integrasi hiburan, pendidikan dengan promosi brand dapat efektif dalam pemasaran (marketing). Dengan memanfaatkan elemen emosional dan mengintegrasikan fitur-fitur Ruangguru dalam acara, Ruangguru berhasil memperkuat posisinya di pasar dan menarik perhatian pengguna baru. Keberhasilan acara ini menunjukkan pentingnya kreativitas dan inovasi dalam strategi pemasaran di era digital.***