Profil

Brikolase: Pusat Kajian Seni dan Budaya Kontemporer didirikan pada tanggal 21 Januari 2016. Nama Brikolase merupakan serapan dari kata bahasa Inggris bricolage yang berarti bentuk kombinasi dari berbagai elemen yang berbeda. Istilah Brikolase juga menyimbolkan keberagaman budaya, yang menyiratkan semangat keberagaman ekspresi manusia dalam ruang yang demokratis tanpa mengurangi nalar kritis. Kritis di sini bermakna kesadaran akan hubungan sosial yang timpang dalam tatanan masyarakat. Kata Brikolase diasumsikan mewakili praktik seni dan budaya di era kontemporer, yang mengkombinasikan dan mengasosiasikan berbagai unsur-unsur kebudayaan dengan semangat kritis.

Brikolase adalah pusat studi yang menaruh perhatian pada perkembangan seni dan budaya kontemporer, khususnya di Indonesia. Brikolase lahir untuk mengembangkan visi praktik-praktik kultural dan kritisisme di masyarakat dalam zaman yang terus berkembang dengan pesat. Brikolase didirikan untuk merespon berbagai macam isu kontemporer dan global, dengan mengkaji ekspresi kritis seni dan budaya dalam konteks masyarakat Indonesia.

Brikolase memiliki empat divisi kerja antara lain media, penerbitan dan pendidikan masyarakat.

  • Divisi media berperan dalam mempromosikan, mensosialisasikan dan mempublikasikan konten akademis, kreatif dan populer. Salah satu bentuknya adalah media online dengan alamat website, brikolase.com, yang menerbitkan artikel, opini, tinjauan, karya sastra dan video kreatif yang membahas soal seni dan budaya kontemporer. Divisi media juga berperan dalam membangun kerjasama dengan komunitas atau institusi dalam bentuk rekan media (media partner).
  • Divisi penerbitan berperan menerbitkan buku yang diambil dari hasil penelitian, tesis, disertasi yang berkaitan dengan tema seni dan budaya kontemporer. Brikolase, dalam rencana ke depan, juga hendak menerbitkan jurnal dan majalah secara berkala.
  • Divisi pendidikan masyarakat berperan mengadakan acara diskusi, seminar, pelatihan, pendidikan dan pendampingan yang bertujuan untuk membangun kesadaran kritis dan kreatif dalam menjawab berbagai tantangan zaman.
  • Divisi Seni Pertunjukkan berperan mengadakan pertunjukkan seni yang berkaitan dengan tema seni dan budaya kontemporer sesuai dengan isu yang dikawal. Divisi seni pertunjukkan juga berperan dalam membantu dan memfasilitasi seniman untuk mengaktualisasikan kreatifitasnya dalam masyarakat.

Sekretariat: 

  • Pogung Dalangan, Gang Semar, nomor 300 B, RT 10 RW 50, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta
  • Perum Jember Indah 2b/21, Sumbersari, Jember