Foto Cerita: Menimba di Sumur Giling, Sendang Duwur

Orang harus menempuh jalan  menurun agar dapat mencapai lokasi sumur giling yang  berada di suatu kawasan pemakaman Sunan Sendang Duwur di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Sumur sedalam 35 meter ini terletak di atas bukit dengan ketinggian bukit mencapai 72 meter di atas permukaan laut. Warga setempat meyakini sumur yang mengeluarkan air melimpah ini memiliki keistimewaan.

Pak Syaifullah, sebagai pengurus takmir masjid, menuturkan banyak peziarah datang untuk menjalani ritual mandi di sumur tua ini. Air dalam sumur diambil dengan menggunakan gilingan  berbahan kayu, dengan dilengkapi tali dadung di kanan dan kirinya. Jadi sambil duduk, kaki mengayuh gilingan mirip orang mengayuh sepeda.

Sumur ini dirawat oleh warga. Pak Slamet (70), salah satu warga yang sedang mendapat giliran  menimba air, mengayuh gilingan sumur. Biasanya, Pak Slamet menimba air dengan menggerakkan gilingan untuk keperluan ritual mandi.

Sumur giling ini digali karena warga susah mendapatkan air bersih. Sedangkan sumber air dari sungai harus dibuatkan tandon. Air disini agak mahal proses penyulingannya.

___________________________________

Pewarta Foto:  Ade Dani
Penyunting: Yongky Gigih P.

Leave a Reply