Ajang Rembug Komunitas di Jagongan Media Rakyat 2016

Tanggal 21-24 April 2016 akan diadakan acara dua tahunan bertajuk Jagongan Media Rakyat (JMR) di Jogja National Museum. Acara yang diinisiasi oleh Combine Resource Institution sejak tahun 2010 ini merupakan usaha menganyam jejaring berbagai macam komunitas dari berbagai bidang untuk rembug dan berdiskusi, khususnya di bidang pengelolaan informasi, tentang persoalan masyarakat Indonesia.

Idha Saras selaku koordinator acara menuturkan acara JMR tidak hanya ajang pertemuan antarkomunitas tetapi akan ada hasil dalam bentuk perubahan sosial.

“Masing-masing komunitas akan berbagi strategi dan pengalamannya selama ini dalam melakukan pemberdayaan, dan mendorong perubahan di masyarakat”, katanya dalam konferensi pers Senin (18/4/2016).

Konferensi pers JMR2016

Sekitar 100 komunitas terlibat. Tercatat ada 38 sesi diskusi selama 4 hari yang dimulai jam 09.00 sampai 21.00. Khusus tahun ini, sesi diskusi akan ditindaklanjuti dengan gerakan digital. “Change.org sebagai prakarsa digital akan mengajak semua yang hadir di JMR 2016 untuk membuat gerakan bersama salah satunya dengan membuat petisi”, tutur Ferdhi Fachrudin Putra selaku panitia acara.

Puncak acara JMR akan diisi dengan Rembug Prakarsa pada hari ketiga Sabtu (23/4), yang mendiskusikan konsep prakarsa perubahan masyarakat, yang melibatkan:

Dhandy Laksono yang akan hadir membagikan pengalamnnya lewat serangkaian video dokumenter yang diambil di berbagai lokasi dalam ekspedisi Indonesia Biru.

John Bamba juga akan bercerita tentang suka duka membangun Credit Union di Kalimantan, sebagai manajemen keuangan  masyarakat di luar bank.

Mila Roshinta memprakarsai tarian guna membantu para bidan. Serta M. Hatta yang akan bercerita tentang radio komunitas yang mendorong konsep pariwisata berbasis komunitas di desanya.

Tak hanya sesi diskusi, acara JMR 2016 juga dimeriahkan dengan Panggung Rakyat, Bioskop JMR yang akan memutar video dokumenter, serta kampung dolanan yang ditujukan untuk mencintai permainan tradisional.

Selain itu, agenda JMR 2016 juga akan diiisi dengan agenda Pasar Komunitas, sebagai pameran produk karya komunitas, dan Pasar Buku dari para penerbit independen.

(YGP)

Leave a Reply